Februari yang lalu, saya dan keluarga berkesempatan untuk liburan ke Pulau Macan di Kepulauan Seribu. Liburan ini terlaksana dalam rangka m...

TRIP TO PULAU MACAN

5:08:00 PM Unknown 0 Comments

Februari yang lalu, saya dan keluarga berkesempatan untuk liburan ke Pulau Macan di Kepulauan Seribu. Liburan ini terlaksana dalam rangka merayakan ulang tahun ibu saya yang jatuh pada tanggal 25 Februari.

Kenapa Pulau Macan?Karena ini cita-cita ibu saya yang belum kesampaian. Ibu saya memang fans berat pantai dan laut. Terlebih kerena beliau punya asma yang seringkali mengganggu aktivitasnya, jalan-jalan ke Pulau Macan ini jadi salah satu ikhtiar untuk sembuh. Konon menghirup udara laut sangat baik bagi pengidap asma.

Seperti biasa, saya dipercaya jadi orang yang mengatur rencana liburan. Setelah browsing dan cari tahu sana-sini, saya mendapatkan informasi untuk paket liburan ke Pulau Macan dari Pulau Macan/Tiger Island Eco Village and Resort. Setau saya memang hanya satu resort di Pulau Macan. Bisa lihat juga websitenya di sini 

Pertama kali melihat harga tripnya saja saya cukup takjub karena menurut saya cukup mahal untuk hitungan wisata lokal, tapi karena ini adalah wishlistnya ibu saya, jadi kami tetap berangkat, hihi.

Rombongan trip kami kali ini berisi tujuh orang. Saya, suami, anak saya yang masih setahun umurnya, adik dan adik ipar saya, Ibu saya dan satu orang temannya. Kami menyewa satu villa yaitu Tropical Bamboo (Ini saya pilih karena cukup memadai untuk 7 orang dalam satu kamar). Fasilitas kamar Non AC, No TV, Mineral Water, Fan, Kamar mandi di luar, Kelambu (Mosquito Net). Jadi bisa dipastikan ya, ini benar-benar trip untuk menikmati pantai dan kembali ke alam judulnya. Karena segala sesuatunya dibuat sealami mungkin di sini.

Kami memilih kamar tipe tropical bamboo yang cukup besar untuk seluruh rombongan dan merupakan bangunan tertutup, karena saya membawa anak saya yang masih satu tahun. Menurut beberapa review yang saya baca, yang paling oke adalah pilihan kamar sunset hut dan di kamar ini kita bisa langsung melihat sunset, tapi ya dinding pemisahnya nggak ada, hanya tertutup tirai dan saya masih butuh privasi karena harus menyusui, jadi udah pasti nggak mungkin, hahaha.

Harga tripnya untuk dua hari satu malam adalah Rp 1,723,500,-/orang dan untuk bayi dibawah umur 3 tahun free of charge namun akan dikenakan biaya kapal sebesar Rp 400,000,-

Harga tersebut sudah termasuk:
- Pajak dan service
- Kapal dari Marina Ancol - Pulau Macan (PP)
- Makan (Welcome snack, Sarapan, Makan siang, Snack sore, Makan malam)
- Minum (Susu & juice jam 08.00-12.00; Kopi, teh, jahe, air aqua jam 08.00-20.00)
- Akomodasi selama dua hari satu malam (kami memilih villa tropical bamboo)
- Snorkeling Trip (tergantung cuaca)
- Bebas menggunakan fasilitas di pulau seperti peralatan snorkeling, kayak, meja billiard dll. 

Pihak penyedia trip pulau Macan ini juga menyediakan paket diving dengan harga Rp 550.000/dive/orang (sudah punya sertifikat) dan Rp 660.000/dive/orang (belum punya sertifikat) dengan durasi 45 menit.

Kapal menuju Pulau Macan berangkat dari Marina Ancol dermaga 17 atau Pantai Mutiara (Jetski Cafe) jam 08:00 pagi, kembali dari pulau jam 2-3 sore dan lama perjalanan di kapal sekitar 2 jam. 

Perjalanan naik kapal ini cukup menantang, apalagi saat itu masih musim hujan, ombaknya luar biasa, tapi ajaibnya, anak saya selalu tidur baik berangkat ataupun pulang, jadi no cranky at all. Kamipun semua sudah siap menenggak antimo kalau-kalau mabuk laut hahaha.

Itinerarynya ngapain aja sih?Berikut saya share:

Ada beberapa tips buat kalian yang mau mencoba trip ke Pulau Macan ini.
  • Lotion anti nyamuk IT’S A MUST!atau bisa juga berbentuk spray yang aman untuk bayi dan anak-anak. Waspada DBD sih judulnya, karena ini tempatnya dibuat dengan menjaga kealamian lokasinya.
  • Bawa baju yang gampang kering karena inti dari trip ini adalah menikmati pantai dan ngga mungkin kalau nggak basah-basahan
  • No need bawa snack karena menurut saya, apa yang sudah disediakan di villa cukup memadai untuk bikin kenyang kecuali kalau memang tukang ngemil, boleh banget bawa ransum tambahan hahahaha
  • JAGA KEBERSIHAN! Sengaja pakai capslock dan bold. Jadilah wisatawan yang pintar dan sayang alam semesta. Pulau ini diusahakan sekali kealamiannya, jangan rusak keindahannya
  • Sunblock jangan lupa ya!
  • Jangan simpan makanan di dalam kamar, kecuali terbungkus rapi, karena kalau nggak, kalian akan kedatangan tamu sekelompok semut dan keluarga besarnya.
  • Bawa obat-obatan, terutama obat anti mabuk laut, karena kalau cuaca lagi nggak bagus, perjalanan laut cukup menegangkan.
  • Bawa senter. Kenapa?Karena pilihan kamar kami dengan kamar mandi diluar, walaupun ada lampu, senter juga dibutuhkan untuk jaga-jaga. Apalagi kalau malam-malam ingin ke kamar mandi.

Pengunjung Pulau Macan, menurut penyedia tripnya kebanyakan adalah turis mancanegara, jadi nggak usah heran lihat banyak mbak dan mas bule disini ya! Dan soal makanan yang disediakan, chefnya di sini adalah seorang ibu-ibu jago masak dengan menu tradisional rumahan dan modifikasi menu internasional yang buat saya cukup oke dan variatif.

Dikarenakan Pulau Macan hanya bisa menerima maksimal tamu sejumlah 35 orang, jadi untuk reservasi sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari ya. Semoga postingan ini membantu untuk yang butuh informasi ke Pulau Macan.























  

0 comments: