FREE PRINTABLES: RAMADAN KAREEM

Bismillah, Assalamualaikum teman-teman,

Kali ini kembali menulis di blog untuk berbagi printable yang kebetulan aku buat untuk kebutuhan mengajar di TPA Aachen. 

Singkat cerita, salah satu kesibukan membahagiakan selama tinggal di Aachen adalah dengan menjadi relawan untuk kelas TPA anak-anak yang usianya sangat beragam (dari bayi hingga usia 10 tahun). Cita-cita jadi guru Alhamdulillah kesampaian lagi di sini, kalau di Indonesia sering ikutan partisipasi  bikin kelas aktivitas untuk anak-anak lewat #BermainbersamaHannah @hannah.indonesia dan sempat bikin kelas sendiri di #LitukanyaMontessoriClass , tidak menyangka di sini bisa Allah mudahkan mendapat kesempatan lagi. Berkegiatan bersama anak-anak itu selalu menyenangkan 😊.

Berhubung kita sudah mendekati hadirnya bulan suci nan mulia yaitu Ramadan, teman-teman bisa mengunduh printable yang aku buat ini ya (dibantu canva pro dan photoshop bikinnya hehe). Semoga bermanfaat dan semoga semakin semangat menyambut datangnya Ramadan.



Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat dekorasi Ramadan Kareem ini adalah:

  • Gunting
  • Tali (bisa benang wol, tali rami dan lainnya asal tidak terlalu tebal)
  • Pembolong kertas (untuk membolongi bagian yang mau diikat tali)
  • Lem 
  • Pensil warna, crayon, cat air/akrilik (untuk mewarnai bagian bulan dan bintang)
  • Printer (untuk mencetak printables)
  • Kertas karton putih/kertas concorde dengan tebal di atas 110 gram (supaya tidak sobek saat anak-anak memberi warna pada bagian bulan dan bintang, apalagi kalau mewarnainya pakai cat air).

Cara menggunakan free printable:

  1. Sebelum berkegiatan, ajak anak-anak berdiskusi mengenai keutamaan bulan Ramadan, boleh cari buku yang sesuai dengan usia anak atau potongan ayat Al-Quran yang bisa dibaca bersama seperti surat Al Baqarah ayat 185, Al-Qadr ayat 1-3 atau hadits sahih terkait ini.
  2. Unduh link printables melalui link di bagian bawah muatan blog ini.
  3. Cetak dengan menggunakan printer (gunakan kertas yang sesuai, boleh juga menggunakan kertas bekas untuk mendaur ulang).
  4. Gunting printables sesuai bentuk bulan, bintang dan lingkaran.
  5. Warnai bagian bulan dan bintang.
  6. Bolongi bentuk bulan, bintang, lingkaran untuk nantinya diikat dengan tali.
  7. Potong tali sesuai panjang yang diinginkan 
  8. Tempelkan bagian yang menggantung yaitu bintang dan lingkaran dengan menggunakan selotip (pastikan talinya ditempelkan di bagian tengah printable ya, bisa lihat gambar di bawah supaya lebih jelas). 

  9. Setelah semua bagian selesai ditempel dan diikat dengan tali, ajak anak menggantungnya di bagian rumah favorit, jadikan ini pengingat bahwa di bulan Ramadan perbanyaklah berbuat kebaikan dan bersemangat untuk beribadah seperti membaca Al-quran, bersedekah, shalat wajib dan perbanyak yang sunnah serta banyak berdoa di waktu yang istimewa ini.
Selamat berkegiatan!
Jadikan momen ini momen yang berkualitas bersama anak-anak untuk mengenalkan Ramadan dan bersemangat menyambutnya.

Untuk printablesnya bisa diunduh di link di bawah ini ya!

Free Printables Ramadan

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat. 

Allahumma sholli ‘ala Nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.


Comments

Popular Posts