Ngga kerasa ternyata sekarang Neng Andra sudah berusia 3 bulan. Ini artinya 3 bulan sudah saya menjadi seorang ibu. Gimana rasanya? LUAR BI...

TIGA BULAN PERTAMA JADI IBU

1:10:00 AM Dyah Ayu Amallia 6 Comments

Ngga kerasa ternyata sekarang Neng Andra sudah berusia 3 bulan. Ini artinya 3 bulan sudah saya menjadi seorang ibu. Gimana rasanya? LUAR BIASA BOK!*cailah, baru juga 3 bulan,Yu!*
Tapi bener loh, rasanya emang luar biasa banget apalagi saya benar-benar mengurus si Neng sendiri. Dari yang clueless soal ngurusin anak sampai sotoy bin dodol juga udah pernah saya rasain. Bener deh, kalau ngga ada yang namanya mertua baik hati dan suportif, networking atau pertemanan ibu-ibu kece nan informatif, teknologi internet, forum ibu-ibu digital macam The Urban Mama dan Mommies Daily serta google, entah jadi apa saya ini *lebay abis*

Saking clueless-nya, apa-apa aja yang terjadi seputar ngurus bayi pasti saya browsing dulu, cari informasi sana-sini, kalau belum puas baru deh saya tanya ke orang yang saya percaya bisa kasih jawaban yang bikin saya mengangguk-angguk "oh gituuu....". Saya juga percaya sama naluri yang saya punya.  Feeling dan naluri "ibu" kayanya semua ibu mah pasti punya ya?Ini juga jadi patokan saya kalau mau ngapain-ngapain seputar ngurusin bayi. Feeling so good aja sambil baca Bismillah, hihi dan untungnya saya bukan tipe orang yang gampang panik. Suatu kali mertua saya bilang, kalau ada yang terjadi sama anak kita dan ibunya panik, maka anaknya makin ikutan panik a.k.a rewel. Prinsip ini yang saya pegang selalu dalam hal mengurusi si Neng sampai sekarang. 

Berikut adalah infographic tahapan perkembangan bayi yang saya dapat dari pinterest dan perkembangan Neng Andra dalam 3 bulan pertama Ia lahir ke dunia:

pic from pinterest

USIA 1 BULAN
Neng Andra bisa dikatakan bayi kebo dan jarang sekali rewel, ini awalnya bikin saya takut, karena bayi ini koq kerjanya bobok melulu ya? jarang banget nangisnya. Sampai-sampai setiap jadwal menyusu harus saya bangunkan dan sulit sekali untuk langsung bangun. Pernah suatu kali saya sampai membuka seluruh bajunya dan mengusapkan air ke wajahnya supaya bangun (cara ini juga saya dapatkan ketika bertanya ke bapaknya yang punya kesamaan dengan si bayi yaitu sangat sulit dibangunkan kalau udah bobok nyenyak). Anjuran dari suster dan bidan di rumah sakit untuk menggelitik kakinya supaya si bayi bangun ternyata ngga mempan sama sekali. Oke fix banget nih, si bayi sangat mirip bapaknya, K.E.B.O!!!

Dalam usia satu bulan ini, Andra udah bisa noticing kalau ada suara saya, pasti kepalanya langsung merespon menoleh ke arah suara berasal. Di usia sebulan ini juga Neng Andra sudah bisa mengenggam jari/tangan siapapun yang menyentuh tangannya.

Ngomongin soal perkembangan tubuhnya, Neng Andra ternyata alergi minyak telon dan kulitnya sensitif sekali. Pertama kali saya kasih minyak telon yang niatnya untuk menghangatkan karena sejak lahir nafasnya masih terdengar grok-grok (menurut dokter sih ini akan hilang sendiri seiring perkembangan saluran pernafasannya) kulit badannya langsung bruntusan parah, akhirnya saya stop dan kemudian saya berikan sebamed care cream yang secara ajaib bruntusannya sembuh dalam waktu kurang dari 3 hari. Di bagian wajah juga seringkali merah, menurut dokter, ini disebabkan karena kelenjar keringatnya belum berfungsi dengan baik.

Satu fakta lain soal Neng Andra selain K.E.B.O adalah Ia sangat tidak risihan. Mau pipis banyak atau habis pup, jarang banget dia kasih sinyal minta diganti popoknya. Asik aja gitu boboknya, makanya saya selalu ganti popoknya maksimal 3 jam sekali. Beda dengan sepupunya yang kalau popoknya penuh atau habis pup pasti langsung nangis minta diganti. Ini saya ketahui ketika beberapa kali saya cek popoknya ternyata pupnya sudah kering. Oh my!Kira-kira nurun dari siapa ya yang ini?. Ampuuun deh, Neng!


USIA 2 BULAN
Kalau dilihat dari infografik di atas, usia dua bulan sudah bisa tracks moving objects with their eyes. Alhamdulillah, ini juga terjadi sama si Neng. Memasuki usia dua bulan, saya sering mengajaknya bermain dengan mainan build gym di mana ia tidur di bawahnya dan rangkaian mainan dengan warna yang colorful menggantung di atasnya. Ketika saya menggoyangkan mainan yang menggantung ini, pasti matanya mengikuti ke arah mana mainan ini bergerak. 

Tummy time (tengkurep) juga sudah mulai beberapa kali saya lakukan ke Andra, walau frekuensinya masih jarang dan lamanya juga tidak terlalu lama, tapi latihan ini menurut yang saya baca dari berbagai sumber sangat bermanfaat sekali untuk menguatkan otot dan melatih kemampuan tengkurepnya.

Di usia dua bulan ini, Neng Andra juga berhasil menemukan keasyikan menghisap jempol dan bahkan keseluruhan jarinya, mungkin rasanya beda-beda kali ya tiap jari, hihihi.

Ngomongin soal penyakit, untuk pertama kalinya, Neng Andra kena pilek hasil tularan virus oleh saya dan papanya yang waktu itu lagi flu berat. Setelah baca sana-sini ternyata obatnya cukup sering disusui, diolesi minyak telon dan buat ramuan yang dihirup untuk melegakan nafasnya. Ramuannya cukup sederhana koq, tinggal teteskan minyak telon ke dalam air panas yang telah mendidih kemudian letakkan di kamar di mana bayi tidur. Ada juga yang meletakkan irisan bawang sebagai anti oksidan dan baunya dihirup agar bayinya bernafas lega, tapi kalau saya sih ngga kuat baunya, hihihi. O ya, satu cara lagi adalah dengan meneteskan aromatheraphy yang tidak berbahaya dihirup bayi. Aromatheraphy ini sekarang banyak banget yang jual. Ada yang namanya Olbas oil, Pure Kids Inhalant Decongestant Oil atau kalau saya pribadi pakai aromatherapy Belli to Baby Cold and Flu yang saya beli di Mom n Jo waktu pertama kali mencoba baby massage di sana.


USIA 3 BULAN
Masa ini buat saya adalah masa yang paling berat dalam tiga bulan pertama kehadiran si Neng di dunia. Kenapa?Karena di usia tiga bulan ini, Neng Andra sangat sensitif sekali, rewel, gampang menangis dan marah. Ia juga seringkali cranky apabila saya jauh atau terpaksa harus meninggalkan dia walau hanya sebentar(Misal ke kamar mandi ataupun makan). Digendong orang lain pun Ia tetap menangis dengan kerasnya bahkan seringkali sambil teriak-teriak sampai akhirnya saya yang kembali menggendongnya, dramatis banget deh pokoknya.

Saya seringkali mendapati ekspresi mukanya yang berubah drastis untuk mengekspresikan apa yang Ia rasa. Kadang nyureng, kadang mewek plus bibir memble sampai melotot dan tertawa kegirangan kalau Ia sedang senang. Senangnya, di usia ini Ia mulai bisa mengenali wajah saya dan keluarga. Seringkali Ia menatap wajah saya cukup lama dan tersenyum bahkan memberikan respon apabila saya mengajaknya bercanda, gemes banget!Ia juga sudah mulai berceloteh dan merespon omongan saya dengan suara-suara yang keluar dari mulutnya. 

Fakta lain soal Neng Andra adalah ternyata dia sadar kamera banget!Kalau saya atau papanya mau foto dia dan mengarahkan kamera ke depan wajahnya, Ia pasti langsung fokus dan seringkali ketawa. Cara inilah yang akhirnya suka saya pakai kalau tiba-tiba dia mendadak cranky, sodorin aja kamera handphone ke mukanya, pasti dia langsung pasang muka trus abis itu ketawa. Dasar narsis kamu, Nak, hahahah

Di usia tiga bulan ini, akhirnya kulitnya bisa menerima kehadiran minyak telon, hihihi. Tapi khusus minyak telon merek nyonya meneer dan bebe roosie, kalau yang merek lain sih belum nyobain. Kepalanya juga sudah mulai kuat. Kalau digendong pasti menegakkan kepala dan liat kanan-kiri, kebetulan dia juga udah ngga mau digendong bobok ala bayi maunya digendong tegak dengan kepala di bahu yang gendong.

Kayanya itu aja deh yang bisa saya ceritain dalam perkembangan si Neng, semoga ke depannya perkembangannya lebih baik lagi, selalu sehat dan ceria, Aamin


6 comments:

  1. seneng banget baca blog ini look fresh, apalagi foto fotonya... selamat berbahagia ya mba.. semoga saya juga cepat bisa ngrasain amazingnya jadi mom... salam kenal ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba, salam kenal juga. Iya abis emang sukanya display blog yg minimalis biar ga sakit mata, hehe. Aamin, didoakan supaya segera jadi amazing mom ya mba ;)

      Delete
  2. Senangnya punya mertua baik hati dan suportif. Neng andra cantik, kisshug dari aunty ya :-)
    Salam kenal mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba, salam kenal juga dari #NengAndra ya :*

      Delete
  3. Happy New mom ya. Sehat selalu neng andra :))
    Salam kenal mak
    Syahdian-novianti.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you mba, nanti aku blogwalking ke blogmu ya :)

      Delete